14 Anatomy Jam Tangan

Jul 08 2022 Top Stories

Memiliki jam tangan bukan hanyalah hobi dan ikutan trend model saja, namun tidak ada salahnya kita mengetahui sedikit mengenai komponen apa saja yang ada di jam tangan. Tidak hanya mengenai baterai life, fungsi jam tangan, ketahanan water resistant saja, namun detail anatomi dari jam tangan wajib kita ketahui, yaitu :

1. Dial

Biasa kita bisa menyebutnya sebagai “Face Watch”/ wajah jam tangan. Berada diatas berfungsi yang paling utama untuk menampilkan waktu, bisa juga untuk menampilkan tanggal, menit, dan sebagian memiliki fungsi untuk chronograph sebagai stopwatch alat pengukur waktu atau pencatatan durasi, dan ada juga yang menggunakan 3 times.

2. Crystal 

Kaca pelindung yang menutupi dial. Berfungsi untuk melindungi jam dan mengurangi pantulan cahaya. Beberapa jam tangan mewah ada yang menggunakan material sapphire crystal.

3. Subdial

Dial kecil yang berada didalam dial utama. Menampilkan beberapa tambahan seperti chronograph, detik atau tanggal

4. Hand

Umumnya dapat disebut dengan jarum jam, ada yang terdapat tiga hand untuk menunjukkan jam, menit, detik biasa di sebut sebagai 3hands collections. Ada juga yang hanya terdapat dua hand untuk menunjukan jam dan menit saja, biasa disebut sebagai 2hands collections. 

5. Sweeping Seconds Hand

Jenis detik yang bergerak tidak berhenti disetiap perdetiknya, biasanya digunakan untuk jam dengan fitur automatic.

6. Movement

Komponen yang membuat jam tangan bergerak atau biasa dikenal dengan sebutan mesin dari jam tangan.

7. Rotor

Piringan logam dengan berat atau oscillating weight yang dipengaruhi gravitasi, berfungsi menggerakan jam secara otomatis saat digunakan.

8. Crown

Sebuah tombol putar di sebelah kanan yang berfungsi untuk memutar movement atau mengatur fungsi seperti waktu dan tanggal. Untuk menyempurnakan fitur water resistant, biasanya crown dibuat menyerupai sekrup (screw down) yang menggulir ke dalam case untuk mencegah air masuk dan mengatur kelembaban.

9. Pusher

Sebuat tombol pada case yang bertepatan diatas atau dibawah atau diatas bawah crown. Berfungsi untuk menjalankan chronograph atau bisa juga untuk pengaturan tanggal.

10. Bazel 

Bingkai yang mengelilingi kaca atau crystal. Biasanya terbuat dari logam atau ceramic dan dapat diputar searah atau dua arah.

11. Case

Bodi jam tangan yang melindungi movement dan komponen lainnya dalam jam. Case biasanya dibuat dari berbagai material dan bentuk yang bervariasi.

12. Exhibition Caseback

Bodi belakang yang berbahan stainless steel atau jika movement automatic bisanya transparan berbahan mineral atau sapphire crystal sehingga memudahkan melihatkan movement dan komponen lainnya.

13. Lugs

Bagian dari case yang berfungsi untuk memasangkan strap atau bracelet ke jam tangan.

14. Strap

Tali dalam bahan kulit atau karet yang berfungsi mengikat jam ke pergelangan tangan. Strap stainless steel  disebut bracelet.

Kurang lebih 14 point komponen-komponen inti bagian dari  jam tangan, masih banyak lagi bagian komponen jam tangan yang menarik contohnya seperti pada produk Expedition 6782 MAR   dengan keunggulan Omni Directional Layered Carbon dengan Titanium Case sebagai case dari jam tangan tersebut sehingga produk lebih ringan saat digunakan.


Search